Grand Theory Structural Fungtioalism Parsons

by - 20.03


Teori Struktural Talcot Parsons
Oleh: Paelani Setia
Image result for talcott parsons
Keywords:

  •     Grand Theory
  •     Keseimbangan/Equilibrium
  •     AGIL
Teori struktural fungsional yang di ungkapkan oleh Talcot Parsons bersikap grand theory, maksudnya teori ini bersifat general dan besar yang bisa dipakai oleh seluruh masyarakat dunia.
Teori ini menjelaskan bahwa suatu masyarakat terdiri dari sistem yang besar, dimana sistem besar ini dibentuk oleh subsistem-subsistem kecil yang saliang mempengaruhi. Ketika sistem kecil satu rusak maka akan dibantu oleh sistem yang lainnya. Misalnya, suatu negara adalah sistem yang besar, negara terbentuk oleh unsur-unsurnya seperti rakyat, pemerintahan, wilayah, agama, politik, sebagai subsistem yang membentuk negara. Tujuan dari teori ini adalah terciptanya keseimbangan/equilibrium.

Gagasannya yang terkenal adalah konsep AGIL:
A= Adaptation (Adaptasi), dimana suatu subsistem akan beradaptasi dengan subsistem lainnya ketika akan membentuk sistem yang besar. Adaptasi ini penting dilakukan untuk menghindari dan menanggulangi konflik yang terjadi antar subsistem. Misalnya, seseorang akan beradaptasi ketika menjadi bagian dari organisasi yang baru baginya. Adaptasi ini penting supaya dia bisa berkembang dalam organisasi.
G= Goal Attainment (Penyatuan Tujuan), setiap bagian mempunyai tujuan masing-masing dalam sistem yang besar ini, sehingga diperlukan adanya penyatuan tujuan supaya tidak terjadi konflik dan membentuk tujuan baru untuk kepentingan bersama. Misalnya, dalam kelas seorang Kosma diwajibkan bisa menyatukan tujuan setiap anggota kelas.
I= Integration (Integrasi), Integrasi atau penyatuan sangat penting dalam suatu sistem agar tercapai keseimbangan tersebut. Integrasi sangat diperlukan dalam suatu kelas supaya tetap kompak dan tetap seimbang.
L= Latency (Pemeliharaan), pemeliharaan dalam hal ini bertujuan untuk memperkuat keseimbangan tersebut. Contoh mudahnya adalah, kebiasaan mudik lebaran di Indonesia menjadi proses pemeliharaan kebudayaan yang menjadi tradisi setiap tahun. Tujuan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung adalah slaah satu bentuk pemeliharaan.

You May Also Like

0 komentar