Hasil Pemikiran Herbert Spencer

by - 02.31

HERBERT SPENCER
Herbert Spencer adalah seorang filosof yang berasal dari Inggris, Ia lahir di Derby, 27 April 1820. Ia dikenal sebagai bapak darwinisme Sosial dan tokoh perubahan sosial, sumbangan terbesarnya adalah tentang teori evolusi pada suatu masyarakat. Spencer dikenal dengan Survival of Fight (hukum rimba). Menurutnya masyarakat yang mampu bertahan dengan segala permasalahannya akan tetap bertahan dan semakin kuat, begitupun sebaliknya masyarakat yang lemah dan tidak bisa menghadapi suatu permasalahan alam maka ia akan punah.
Masyarakat dianalogikan sebagai suatu system organik, menurutnya masyarakat seperti tubuh manusia (human body), sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang saling bergantung satu sama lain dan fungsi satu sama lain. Hal yang dibutuhkan dalam suatu organ tubuh tersebut adalah solidaritas social yang harus tetap terjaga.
Karya terbesarnya adalah buku The Social Static, yaitu tentang filsafat politik. Kemudian Sintetic Philosophy tentang evolusi suatu masyarakat. Dan The Study of Sociology tentang tatanan social.
Evolusi yang ditekankan oleh Spencer yaitu menganggap alam semesta sebagai suatu yang terdiri dari materi dan energy. Evolusi yang dimaksud adalah proses dari sederhana menuju kerumitan. Namun hal tersebut dipengaruhi oleh struktur lapisan tanah, iklim, ras, politik serta konflik proses alam yang paling utama. Evolusi yang digagasnya berawal dari ketertarikannya terhadap ilmu Biologi dan analisis artefak fosil yang diambilnya pada pemotongan kereta api.

Menurutnya objek sosiologi yang pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian social dan industry.

You May Also Like

0 komentar